Daun alpukat
Daun alpukat

6 manfaat Obat herbal dari daun alpukat yang bisa anda coba khasiatnya

Posted on

Alpukat atau avocado dalam bahasa asing, buah alpukat merupakan buah yang sangat banyak kita temui di nusantara ini. Buah alpukat mempunyai banyak manfaat dari daging alpukat dan juga dari biji alpukat itu sendiri bahkan dari daunnya juga. Sangat di sayangkan kalau kita hanya mengetahui manfaat buah alpukat hanya dari daging buahnya saja. Berikut ini saya akan berbagi pengalaman dengan resep dan manfaat yang kita ambil dari daun alpukat. silahkan baca manfaat buah alpukat. Apa saja manfaat dari daun alpukat, diantaranya adalah :

Daun alpukat
           Daun alpukat
  1. Daun alpukat untuk kulit wajah yang kering : Caranya anda cukup menumbuk daun alpukat, sebelumnya anda cuci dahulu sampai bersih daun tersebut yah.. kemudian di oleskan pada wajah seperti maskeran dan diamkan kurang lebih sekitar 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih wajah anda. Kandungan zat antioksidan dari daun alpukat juga sangat baik untuk membantu membersihkan kulit dan pori-pori kulit agar bersih dan halus, lakukan treathment tersebut setiap hari menjelang tidur.
  2. Daun alpukat untuk obat sakit pinggang : Caranya anda ambil beberapa lembar sekitar lima lembar, kemudian cuci bersih dan rebus dengan air rebusan satu gelas air hingga tersisa setengah gelas air, dinginkan dan minum setiap hari. secara rutin sampai lima hari. Selamat mencoba.
  3. Daun alpukat untuk obat batu ginjal : Kandungan alkolid, flavonoid, dan saponin merupakan zat yang sangat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal sehingga dapat meningkatkan fungsi ginjal. Ramuannya adalah ambil daun alpukat yang hijau tua sekitar delapan lembar, rebus daun alpukat tersebut dengan segelas air sampai mendidih dan tersisa hanya setengah gelas saja, kemudaian saring sampai bersih dari ampas, dinginkan dan minum pagi dan sore secara rutin selama sepuluh hari..biasanya batu ginjal agar keluar seperti pasir dan hentikan mengkonsumsinya.
  4. Daun alpukat untuk obat darah tinggi : Caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas anda cukup mengambil daun alpukat yang tua sekitar 2- 3 lembar kemudian cuci bersih dan di rebus dengan segelas air hingga mendidih dan saring air rebusan tersebut, dinginkan dan di minum secara rutin setiap hari pada sore hari.
  5. daun alpukat untuk menghilangkan sariawan : Caranya ini sangat mudah anda cukup mengambil daun alpukat apa saja dan di cuci bersih dan di kunyah sampai halus, setelah itu tempelkan pada bagian yang sariawan diamkan sekitar lima sampai sepuluh menit, lakukan sampai benar-benarr terasa manfaatnya.
  6. Daun alpukat untuk menghitamkan rambut : Untuk cara ini sangat mudah ada cukup mengambil daun alpukat muda di cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus dan di pakai ke rambut secara merata dan diamkan sekitar 10 menit setelah itu bilas hingga bersih.

Demikian beberapa manfaat dari daun alpukat yang dapat kita jadikan sebagai obat herbal alami. dan perlu anda ketahui kandungan lain dari daun alpukat adalah Querstin. dan polifenol.

Querstin itu adalah senyawa keompok flavonol terbesar, querstin dan glikosidannya berada dalam jumlah sekitar 60-75%. Querstin di percaya dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis penyakit degenerative dengan cara menangkap radikal bebas dan menghelat ion logam transisi makanan yang rendah, pemasakan dapat menyebabkan terjadinya proses degradasi oleh panas dan dapat melarutkan kuersetin dari air yang mendidih. Daun alpukat rasanya yang pahit ini berkhasiat sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan beberapa bakteri seperti staphylococcus sp, pseudomonas sp, protectus sp, escherichea sp, dan bacillus sp. Selain itu berkhasiat untuk menyembuhkan kencing batu, darah tinggi, dan sakit kepala. Daun alpukat yang di buat teh dapat meyembuhkan nyeri saraf, nyeri lambung, bengkak saluran pernapasan dan haid tidak teratur.

Polifenol itu adalah sub-kelompok fitonutrien yang ditemukan pada makanan seperti pada manfaat teh, bawang, anggur dan kacang-kacangan tertentu. Polifenol alami melindungi tanaman melawan patogen , parasit dan predator dan sering berkontribusi pada rasa dan warna buah dan sayuran. Polifenol adalah kelompok zat kimia yang di temukan pada tumbuhan. Zat ini memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya. Plofenol berperan dalam memberi warna pada suatu tumbuhan seperti warna daun saat musim gugur.

Demikian informasi yang di berikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga, silahkan berbagi jika bermanfaat dan ceritakan pengalaman anda. Artikel ini di sadur dari aneka resep obat tradisional nusantara. Salam sehat #Go herbal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *