Daun kapuk atau Randu
daun kapuk

Daun kapuk sebagai obat herbal panas dalam dan masalah bau mulut berdasarkan pengalaman, patut di coba khasiatnya

Posted on

Permasalahan Panas dalam dan juga bau mulut kadang tidak dapat di hindari karena faktor-faktor yang kita lakukan dan makan kesehariaanya, berdasarkan pengalaman orang tua kita dulu yang patut kita coba dengan menggunakan obat herbal daun kapuk.

Daun kapuk untuk saat ini jarang sekali kita temui khususnya di daerah perkotaan karena penggunaan isi buah kapuk tua itu sendiri sebagai bahan isi kasur yang tergerus oleh zaman dengan bermunculannya kasur-kasur modern dan berbahan tidak alami. Untuk saat ini penggunaan daun kapuk sebagai herbal panas dalam dan juga bau mulut kita akan sharing berdasarkan pengalaman dari orang tua kita dahulu kala, sebenarnya pengobatan cara seperti ini masih sering di lakukan di daerah pedesaan yang karena mungkin tanaman kapuk ini masih banyak tersedia dan di manfaatkan. Bukan tanpa alasan pemanfaatan daun kapuk karena kandungan dari daun kapuk itu sendiri mengandung Falavonoid, saponin, damar, senyawa zat samak, tanin, dan hidrat.

Daun kapuk atau Randu
daun kapuk

Daun kapuk biasa juga di kenal dengan nama Randu atau bahasa latinnya ceiba pentandra. Cara pemanfaatan daun kapuk sebagai obat herbal dapat kita lihat di bawah ini semoga bermanfaat dan cocok untuk anda :

  • Daun kapuk obat herbal untuk panas dalam : Anda dapat mengambil sekitar 5-6 lembar daun kapuk kemudian persiapkan sekitar setengah liter air yang sudah di masak, cara pengolahannya anda cukup meremas daun kapuk hingga hancur sampai keluar air dari daun kapuk tersebut kemudian di campur dengan air matang tadi. kemudian anda saring dan di minum setiap harinya, agar rasa air menjadi nikmat anda dapat mencampurkannnya dengan sedikit gula merah. selamat mencoba.
  • Daun kapuk obat herbal untuk bau mulut : untuk masalah bau mulut caranya sama seperti di atas anda dapat melakukannya dengan bebrapa lembar saja atau 3 lembar, dan di tambahkan air secukupnya agar mudah untuk berkumur, penggunannya anda cukup berkumur saja dengan air perasan daun kapuk tadi.

Untuk pengobatan herbal lainnya daun kapuk dapat juga kita manfaatkan sebagai :

  • Daun kapuk untuk obat herbal Batuk : Cara pengolahan obat batuk anda ambil bebrapa lembar atau sekitar dua lembar kemudian di haluskan dan di seduh dengan air panas seperti menyeduh teh tubruk sambil diaduk, kemudian anda saring setelah hangat silahkan di minum saat pagi dan sore hari.
  • Daun kapuk sebagai obat herbal diare : Untuk cara ini silahkan anda rebus sampai mendidih daun kapuk sekitar 3 lembar dengan air sekitar 2500 cc setelah itu anda dapat tambahkan sedikit garam dapur dan di minum tiga kali sehari sampai sembuh.
  • Daun kapuk untuk membantu menghilangkan noda bekas luka : cara ini sangat mudah anda cukup menggosok gosokan daun kapuk yang sudah di haluskan di area yang terdapat bekas luka sebelumnya anda bilas bekas luka tersebut dengan air hangat, semoga cocok. untuk perawatan kulit lainnya anda dapat memanfaatkan temugiring¬†untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Daun kapuk untuk obat herbal penyubur rambut : Penggunaan cara ini anda dapat meracik daun kapuk dengan merebus dengan air sekitar 200 cc dan 10 lembar daun kapuk, setelah semua di rebus saat kkondisi sudah dingin anda dapat membasahi sedikit demi sedikit rambut anda dengan air rebusan tersebut, setelah itu diamkan sekitar 15 menit, lakukan saat sebelum keramas.

Demikian sedikit sharing berdasarkan pengalaman orang tua dulu yang sampai saat ini masih di perlukan dalam hal pengobatan dan perawatan, terima kasih salam sehat #goherbal

Baca juga artikel lainnya tentang tanaman obat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *