Jahe merah
Jahe Merah

gara gara jahe merah yang di jadikan obat herbal

Posted on

Jahe merah dengan nama lain zingiber officinale var rubrum adalah tanaman rimpang yang sangat banyak di gemari karena rasa yang lebih pedas di banding jahe biasanya. Jahe merah juga mempunyai  kandungan minyak atsiri yang cukup tinggi, jadi sangatlah cocok jika di jadikan bahan dasar farmasi dan jamu. Ciri jahe merah itu sendiri dengan ukuran rimpangnya paling kecil dengan warna merah, dan juga memiliki serat lebih besar di banding jahe biasa pada umumnya. Beberapa kandungan Jahe merah yang berkhasiat di antaranya adalah :

Jahe merah
Jahe Merah
  • Zingeberin
  • Camphene
  • Lemonin
  • Zingiberene
  • Zingiberal
  • Gingerale dan Shogool
  • Karbohidrat
  • Asam organik
  • Asam malic, dan aksolat gingerin

 

Dengan kita mengkonsumsi jahe merah dalam kehidupan sehari-hari biasanya di gunakan untuk menghangatkan badan dan tenggorokan, dengan kandungan minyak atsiri banyak di gunakan sebagai bahan baku pengharum pada kosmetik. Berikut ini beberapa manfaat dari jahe merah yang memang di jadikan obat herbal berbagai penyakit, seperti :

  • Jahe merah membantu mengatasi rematik : Selain dari menyembuhkan rematik, jahe merah mampu mengatasi masalah pegal linu yang sering kali di alami oleh para pekerja berat dan driver.Di dalam jahe merah terdapat kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit dan juga mengurangi bengkak pada sendi. Untuk itu mengkonsumsi jahe merah mampu mengatasi permasalahan penyakit rematik dan juga encok. Cara pengolahannya adalah: Silahkan anda persiapkan beberapa bahan campurannya juga pertama ambil jahe merah yang masih segar sekitar 20 gr, kemudian ambil temulawak 20 gr, dan juga cabe jawa 20 gr, lalu ambil kumis kucing sekitar 30 gr, dan daun komfrey 30 gr, dan air sekitar 4 gelas. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci semua bahan tadi, semua bahan di iris tipis atau potong-potong kecil seperti dadu, masukan semua bahan dan di rebus cukup lama sampai air rebusan tersisa dua gelas saja, setelah itu saring air rebusan tadi. Silahkan anda minumi pada pagi dan sore hari atau 2×1 hari,  cukup1 gelas saja. untuk rasa lebih nikat anada dapat menambahkan dua sendok makan madu dan perasan jeruk nipis.
  • Jahe merah membantu menurunkan kadar kolesterol darah : Dengan kandungan yang cukup banyak di miliki  pada jahe merah, semua ini dapat membantu untuk menghilangkan racun dalam tubuh, salah satunya yaitu kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang ada dalam darah akan menghambat aliran darah. Maka dari itu salah satu manfaat jahe merah adalah membantu melancarkan peredaran darah, dengan begitu secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh pun akan hancur.
  • Jahe merah membantu atasi batuk : Jahe merah memang sangat banyak manfaatnya karena sifatnya yang menghangatkan jadi sangatlah cocok jika di jadikan sebagai obat herbal batuk, zat yang terkandung pada jahe merah dapat membuat lemas otot tenggorokan selain itu juga untuk permasalahan radang tenggorokan sangatlah cocok. Silahkan anda mengolahnya dalam bentuk minuman.
  • Jahe merah membantu atasi tulang keropos : kandungan senyawa jahe merah mampu mengurangi masalah tulang keropos khususnya para pria dan wanita yang berusia lanjut, untuk ramuannya Silahkan anda persiapkan bahan – bahan campuran lainnya seperti : Kayumanis 20gr, Kacang hijau 30gr, Lada 15gram, jahe merah segar 20gr, Kapulaga 10 gr dan campuran lainnya empat gelas air. masukan semua bahan di tempat yang agak keras untuk menumbuk semua bahan, kemudian rebus sampai air rebusan tersisa menjadi dua gelas. Setelah itu saringlah air rebusan untuk memisahkan ampasnya. Silahkan anda minum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. agar lebih nikmat saat mengkonsumsi anda dapat menambahkan sedikit madu atau sesuai selera.
  • Jahe merah membantu mengurangi toksin :  Dengan anda mengkonsumsi jahe merah tubuh anda akan menjadi hangat dan juga berkeringat, dari keringat itulah bersamaan keluarnya toksin, maka dari itu rajinlah mengkonsumsi jahe merah.
  • Jahe merah membantu atasi masalah stroke: Dalam keseharian apa yang kita konsumsi setiap harinya pastinya ada kolesterol jahat yang masuk kedalam tubuh, dengan jangka yang cukup lama kolesterol jahat ini akan menghambat pembuluh darah di dalam tubuh, untuk itu silahkan anda rajin mengkonsumsi air rebusan jahe merah. Ramuannya untuk atasi stroke adalah : Silahkan persiapkan bahan lainnya cermai 30gram, jahe merah 30 gram, pule pandak 30gram, daun buah mengkudu 30gram, dan lima gelas air. rebus semua bahan tadi sampai air rebusan tersisa hanya dua gelas saja. setelah itu saring, kemudian setelah dingin silahkan anda minum sehari tiga kali secara rutin agar hasil maksimal, boleh di tambahkan madu atau sesuai selera anda.
  • Jahe merah membantu menjaga kondisi jantung : Dengan penumpukan kolesterol pada tubuh dan minyak juga yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani , dengan anda rajin mengkonsumsi jahe merah, jahe merah mempunyai sebuah peran penting untuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh dan yang menyebabkan penyakit jantung.
  • Jahe merah membantu atasi sakit kepala : Jahe merah memiliki kandungan gingerol yang dipercaya dapat mencegah penggumpalan darah yang terjadi dikepala, Silahkan anda minum  air rebusan jahe merah, dapt juga dengan campuran madu. Dengan mengkonsumsi jahe merah ini membantu permasalahan rasa sakit di kepala hilang secara berangsur – angsur.
  • Jahe merah membantu atasi masalah Telinga, Hidung dan Tenggororkan : Apabila hidung anda tersumbat, dan juga ingus terus menerus keluar, dan juga di ikuti alergi pada debu dan udara dingin. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan ramuan jahe merah caranya : Persiapkan bahannya seperti Jahe merah sekitar tiga jari tangan, bonggol sereh satu batang, Cengkih tujuh biji, Kemukus tujuh biji, Kapulaga tujuh biji. Pengolahannya : Cuci bersih semua bahannya. Setelah itu rebus semua bahan dalam lima gelas air sampai tersisa empat gelas saja. setelah di angkat kemudian di saring, Silahkan anda minum tiga kali sehari satu gelas setelah makan secara rutin sampai hasil maksimal.
  • Jahe merah membantu menambah nafsu makan : Di karena jahe merah juga adalah salah satu temulawak, maka dari itu jahe merah di percaya juga dapat membantu menambah nafsu makan bagi anak dan juga ibu hamil atau orang yang sedang sakit, Silahkan anda rebus sekitar satu rusa jahe merah dan rutin di minum air rebusannya setiap hari.
  • Jahe merah membantu mencegah kanker usus : Dengan anda rajin mengkonsumsi jahe merah dapat mencegah penyakit kanker koloretal atau usus besar, sesuai dengan apa yang di teliti di salah satu universitas di Amerika.
  • Jahe merah membantu masalah pencernaan seperti permaslahan kram, dan rasa sakit yang di alami saat menjelang haid.Maka dari itu dengan rutin mengkonsumsi jahe merah mampu mengatasi permaslahan percernaan.
  • Jahe merah membantu masalah cacingan : Masalah cacingan bukan hanya menyerang pada anak anak, tapi orang dewasa pun dapat terjangkit cacingan. Untuk ramuannya : Silahkan anda haluskan sekitar 60 gram jahe merah, lalu campurkan dengan air hangat dan tunggu beberapa saat, setelah itu boleh anada tambahkan satu sendok madu atau sesuai selera, silahkan anda konsumsi setiap hari.
  • Jahe merah membantu untuk anti oksidan : Jika tubuh kita ingin kebal dari serangan penyakit, penting sekali untuk kita untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh. Bakteri akan mudah masuk jika anti bodi kita tidak begitu kuat. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *