membersihkan kotoran telinga
membersihkan kotoran telinga

Hati-hati membersihkan kotoran telinga, ikuti cara alaminya

Posted on

Kotoran telinga dari sebagian orang berbeda-beda, ada yang mempunyai karakter basah dan karakter kering. Dalam membersihkan telinga penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat atau cara alami agar efek yang kita lakukan lebih maksimal dan juga sebagai antisipasi dalam kesalahan dalam proses pembersihannya. Seperti disampaikan dr. Kartika Dwiyani,SpTHT, yang perlu diketahui bahwa liang telinga itu terdiri atas lapisan kulit yang mengandung kelenjar. Lapisan terluarnya akan selalu mengalami pengelupasan secara alami. Sementara kotoran telinga atau yang biasa disebut serumen, merupakan campuran dari hasil produksi kelenjar di liang telinga dengan pengelupasan tadi. Semua ini berfungsi untuk pembersihan, perlindungan telinga, serta pelumasan liang telinga. Menurut pakar atau ahli THT, kekurangan asam lemak Omega 3, seng, dan magnesium bisa menghasilkan kotoran telinga yang berlebihan. Apabila Anda mengabaikannya akan menumpuk jauh di dalam saluran telinga setiap harinya, efek dari itu seseorang dapat merasakan kehilangan pendengaran karena faktor kotoran yang menumpuk di dalam telinga.

membersihkan kotoran telinga
 membersihkan kotoran telinga

Dalam proses pembersihan telinga pastikan bahwasannya kondisi telinga anda tidak dalam kondisi sakit atau kasus lain seprti infeksi. Berikut ini tata cara membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan cara alami yang aman untuk anda :

  • Membersihkan kotoran telinga dengan minyak kelapa :  Silahkan anda tuangkan minyak kelapa ke dalam sendok, lalu panaskan sendok (bisa dengan api lilin dan sebagainya) hingga akhirnya hangat, INGAT hangat yah..Kemudian masukan kapas seperti cotton bud atau buat kapas bulat seperti bola, setelah itu peras sedikit minyak kelapa yang menempel di kapas tadi. Kemudian masukan kapas dengan di buat menjadi berukuran kecil ke telinga, fungsi hangat dari minyak kelapa tersebut berkhasiat untuk merontokkan kotoran menumpuk yang ada di telinga anda.
  • Membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih : Caranya persiapkan beberapa bawang putih kemudian tumbuk bawang putih tersebut, setelah itu taruh di atas sendok, setelah itu silahkan anda garang di atas lilin atau di panaskan di atas lilin agar kondisi hangat, setelah minyaknya keluar teteskan kedalam iiang telinga anda dan biarkan dia beraksi dalam pembersihannya.
  • Membersihkan kotoran telinga dengan air garam : Silahkan anda persiapkan air hangat – hangat kuku kemudian tambahkan sedikit garam, setelah itu teteskan sedikit saja kedalam liang telinga anda agar mudah masuk ke liang pastinya miringkan kepala anda, setelah masuk posisikan kepala anda kondisi normal tegak, lakukan untuk kedua telinga anda sama seperti cara dia atas.
  • Membersihkan kotoran telinga dengan baby oil : Dengan menggunakan cara ini tidak jauh berbeda dengan yang diatas yaitu silahkan anda ambil kapas dan persiapkan minyak zaitun hangat, celupkan kapas ke minyak zaitun dan peras jika berlebihan, silahkan anda masukan kapas tersebut kedalam telinga, lakukan cara tersebut sampai kotoran telinga anda benar – benar berkurang dan bersih.
  • Membersihkan kotoran telinga dengan cuka apel : Caranya yaitu siapkan Cuka apel, dengan menggunakan resep  rumahan ini merupakan cara yang cukup efektif membersihkan kotoran telinga. Caranya sama seperti di atas dengan cara memiringkan kepala anda, kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel kedalam liang telinga.
  • Membersihkan kotoran telinga dengan gliserin : Dengan menggunakan cara ini dimana ini menjadi cara rumahan yang sangat mudah untuk dilakukan. Caranya tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga.Kemudian bersihkan telinga dengan cotton bud atau kapas.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan kotoran telinga yang alami. Perlu anda hindari juga saat membersihkan menggunakan cotton bud jangan terlalu dalam dan penggunakaan benda tajam untuk membersihkan kotoran telinga anda. Karena memang ada cara- cara untuk membersihkan telinga yang saya pribadi agak sedikit ngeri, dengan cara penggunaan membakarnya, karena cara itu saya pikir panas yang di dapat kurang bisa terkontrol.

Satu hal lagi yang perlu di hindari, berhati-hatilah dlaam menggunakan zat hidrogen peroksida ke dalam telinga, karena larutan ini sangat kuat, yang dapat menumbulkan masalah pada telinga, sehingga jangan sampai berlebihan dalam menggunakan zat hidrogen peroksida tersebut. Jangan lupa untuk rajin mengkonsumsi vitamin C yah agar kondisi tubuh fit dan menghilangkan penumpukan kotoran yang alami ini. Silahkan konsultasikan ke Dokter jika kondisi kotoran telinga anda mudah sekali datang..Salam sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *