labu siam
labu siam

Kandungan gizi yang bermanfaat dari labu siam untuk kesehatan apa saja sih

Posted on

Labu siam tanaman ini mepunyai nama lain jipang atau manisa, tumbuhan ini termasuk dalam suku labuh-labuhan dengan gaya hidup menjalar atau merambat dengan bantuan media tiang penyangga atau pada tumbuhan besar di sampingnya, dan labu siam ini buahnya menggantung. Labu siam ini merupakan tanaman yang seringkali di jadikan sebagai bahan baku sayuran atau lalapan karena labu siam dari buahnya yang masih muda sampai tua dapat di manfaatkan sebagai sayur, untuk pemanfaatan labu siam biasanya di olah dalam bentuk oseng-oseng, sayur santan dan lain-lain, untuk labu siam yang masih muda biasanya di pakai untuk teman makan santapan dengan sasmbal dengan cara di rebus terlebih daulu. Labu siam memiliki permukaan penuh dengan duri runcing, sementara yang lain memiliki kulit yang halus, dan bagian daging dalamnya berwarna putih pucat dan membungkus bakal biji. Labu siam memiliki tekstur yang renyah, serta rasa yang empuk mirip seperti labu. Di daerah Costa Rica merupakan pengekspor terbesar dunia labu siam, di negara lain labu siam di manfaatkan bermacam -macam, seperti di Australia buahnya diiris dan dibaluri tepung panir, kemudian digoreng, dan di menu masakan -masakan meksiko juga banyak terdapat labu siam.

labu siam
labu siam

Labu siam banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional dan di supermarket, harganya pun relatif murah. Meskipun harga dari labu siam relatif murah tetapi labu siam mempunyai kandungan yang cukup baik untuk kesehatan kita, berikut ini kandungan yang terdapat dari labu siam antaranya : vitamin B compleks,folat, niacin, thiamin, asam pantotenat, riboflavin, Vitamin B6, Vitamin C, dan mineral penting zat besi, seng, fosfor, mangan, tembaga. Dari kandungan – kandungan tersebut labu siam bermanfaat untuk membantu kesehatan dan permaslahan kesehatan. Di antaranya adalah :

  • LAbu siam membantu mengatasi darah tinggi, Karena kandungan kalium dan efek diuretik dalam labu siam sangat baik untuk menurunkan kadar garam dalam darah melalui air seni. Dengan berkurangnya kadar garam darah, kerja jantung juga lebih ringan dan tekanan darah otomatis akan ikut turun.
  • Labu siam membantu detoksifikasi racun dalam tubuh, dengan mengkonsumsi labu siam membuat tubuh lebih sehat dan kulit juga akan terlihat lebih sehat dan terhindar dari masalah karena efek detoksifikasi racun.
  • Labu siam membantu mencegah kanker usus, dengan kandungan serat yang cukup tinggi, labu siam membantu mengikat zat karsiogenik pemicu kanker. Selain itu, kandungan antioksidan dalam labu siam juga membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker itu sendiri.
  • Membantu menjga kecantikan kulit, dengan kandungan vitamin C pada labu siam cukup bagus untuk menjaga kecantikan kulit. Selain dari pada itu labu siam memiliki zat yang bersifat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, bintik hitam, dan kulit kasar lainnya.
  • LAbu siam membantu menormalkan asam urat,  karena sifat diuretik dari labu siam sehingga sangat baik untuk melancarkan air seni, dimana kelebihan asam urat juga ikut larut bersama air seni dan terbuang saat kencing.
  • Labu siam membantu atasi tumit hitam caranya, Getah labu siam, dioleskan di tempat tersebut, biarkan hingga kering setelah itu tumit di cuci sampai bersih.
  • Labu siam membantu atasi batu ginjal caranya, dengan merebus daun labu siam secukupnya , dan minum air rebusan tersebut tiga sampai lima kali sehari secara rutin agar hasil maksimal.
  • LAbu siam membantu atasi sakit panas caranya dengan memarut labu siam dan hasil parutan tersebut di tempelkan pada dahi si penderita sakit panas.
  • LAbu siam membantu atasi gusi berdarah, sariawan dan diabetes caranya labu siam di kukus. Karena kandungan karbohidrat dalam labu siam cukup tinggi, si penderita dapat mengkonsumsi hasil kukusan labu siap pengganti nasi sehingga dapat mengurangi konsumsi nasi.

Demikian informasi manfaat labu siam untuk kesehatan yang perlu kita ketahui sebagai tambahan wawasan manfaat buah dan tanaman obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *