Ketahuilah Berbagai Macam Penyebab Alergi Pada Kulit dan Cara Mencegahnya

Posted on

Ketahuilah Berbagai Macam Penyebab Alergi Pada Kulit dan Cara Mencegahnya – Tentu banyak dari anda yang terkadang mengeluh dengan adanya masalah alergi pada kulit. Memang kulit merupakan bagian dari tubuh yang paling luar, sehingga akan sangat mudah bagi kulit untuk terjangkit berbagai masalah dan juga penyakit berbahaya. Untuk itu, penting bagi anda agar lebih memahami masalah apa saja yang rentan sekali menyerang kesehatan kulit, dan cobalah untuk mencari tahu apa saja hal-hal yang menjadi penyebab masalah seperti alergi pada kulit ini. Dan bagi anda yang tertarik untuk mengulas masalah alergi kulit terutama untuk kulit orang dewasa, maka silahkan langsung saja ikuti ulasan seputar penyebab alergi kulit berikut ini.

Ketahuilah Berbagai Macam Penyebab Alergi Pada Kulit
Ketahuilah Berbagai Macam Penyebab Alergi Pada Kulit

Penyebab Terjadinya Masalah Alergi Kulit Orang Dewasa.

 

  1. Akibat Infeksi Jamur.

Masalah alergi kulit pada orang dewasa umumnya terjadi akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur. Alergi kulit akibat jamur dapat menyerang beberapa bagian tubuh seperti selangkangan, ketiak dan bagian tubuh lain yang cenderung berlipat dan sering dalam keadaan lembab. Infeksi jamur ini akan membuat penderitanya merasakan gejala gatal-gatal, dan akhirnya munculah ruam di kulit.

 

  1. Dermatitis.

Alergi yang menyerang kulit selanjutnya adalah dermatitis. Dermatitis adalah jenis alergi kulit yang ditandai dengan adanya kondisi kulit yang mengalami peradangan. Selain itu, kondisi seseorang yang mengalami alergi dermatitis juga akan menemukan tanda lain seperti munculnya ruam dengan warna merah muda dan rasanya sangat gatal.

 

  1. Penyakit Eksim.

Tentu tak asing lagi bagi anda mendengar penyakit kulit yaitu eksim. Penyakit eksim ini biasa disebut dengan dermatitis alergi yang ditandai dengan adanya ruam di kulit dan rasa gatal yang sangat mengganggu. Penyakit eksim dapat terjadi pada anda jika anda melakukan kontak dengan alergen atau dengan zat yang dapat mengakibatkan kulit anda bereaksi.

Baca juga : Cantik alami dengan kopi

  1. Kurap.

Selanjutnya masalah kulit dalam bentuk alergi salah satunya adalah kurap. Alergi kulit kurap ini pada umumnya akan menyerang kulit anda di bagian kaki. Alergi ini akan sangat mudah dijumpai terutama saat musim hujan yang kerap menyebabkan banjir. Sebenarnya, kurap ini terjadi akibat infeksi dari jamur kulit. Tanda atau gejala dari kurap adalah munculnya bintik-bintik berukuran kecil pada kulit, diikuti oleh rasa gatal yang mengelilingi bagian kulit yang terjangkiti dan juga terjadinya ruam.

 

  1. Psoriasis.

Masalah alergi kulit lainnya adalah psoriasis. Psoriasis merupakan salah satu jenis alergi pada kulit orang dewasa yang akan menyebabkan kulit ditumbuhi dengan bintik-bintik merah yang kecil dan rasanya gatal.

Baca juga : Kulit cantik dan halus dengan buah pisang

Sedangkan untuk masalah alergi kulit yang muncul pada bagian kulit wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah seperti berikut :

 

  1. Riwayat Penyakit.

Beberapa jenis penyakit dapat menjadi salah satu pemicu munculnya masalah alergi pada kulit wajah. Alergi pada kulit wajah yang diakibatkan dari adaya penyakit dari dalam tubuh salah satunya adalah penyakit eksim. Eksim ini dapat membuat kulit wajah mengalami ruam dan meradang. Bagian lain selain wajah seperti lengan dan kaki juga bisa mengalami ruam tersebut. Biasanya bagi anda penderita diabetes akan mudah dijangkiti oleh penyakit eksim ini.

 

  1. Cuaca Ekstrim.

Ada sebagian orang yang seringkali merasakan reaksi alergi pada kulit wajahnya terutama jika berada dalam cuaca yang ekstrim. Pada saat cuaca dirasa terlalu panas atau terlalu dingin, maka kulit wajah akan segera bereaksi, misalnya ditandai dengan munculnya bentolan di kulit yang terasa gatal. Selain itu, alergi pada cuaca ektrim juga dapat membuat kulit wajah dan juga leher mengalami ruam dengan rasa yang gatal. Hindari menggaruk bagian yang gatal tersebut meskipun akan sangat sulit untuk tidak melakukannya.

Baca juga : Ramuan herbal penyakit kulit

  1. Masalah Iritasi.

Timbulnya masalah alergi pada kulit wajah juga bisa diakibatkan oleh adanya masalah iritasi. Iritasi ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya akibat gigitan serangga, virus, cuaca yang ekstrim, dan masih banyak lagi lainnya. Reaksi alergi yang terjadi akibat adanya iritasi adalah munculnya masalah gatal-gatal, rasa terbakar dan juga ruam.

 

  1. Penggunaan Kosmetik.

Pemakaian kosmetik memang dibutuhkan untuk menunjang penampilan. Akan tetapi, kulit wajah tidaklah selalu dapat menerima dengan baik kandungan-kandungan yang ada didalam produk kosmetik tersebut. Untuk itu, disarankan untuk lebih waspada dalam memilih produk-produk kosmetik. Karena,  didalam produk tersebut terkadang ada kandungan yang berbahaya yang mampu memicu terjadinya reaksi alergi di kulit wajah.

 

  1. Adanya Kontak Dengan Alergen.

Banyak sekali hal-hal yang berada disekitar kita yang dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti bahan kimia, bulu hewan, serbuk sari, makanan, debu dan lain sebaginya. Jika sampai kulit wajah anda terapapar oleh salah satu jenis alergen tersebut, maka dapat menimbulkan masalah alergi ini. Tubuh anda secara langsung akan merespon hal-hal yang dianggap negatif dan akhirnya munculah alergi. Kulit wajah akan merasakan sensasi gatal dan juga ruam jika menderita masalah alergi kulit.

 

Cara Pencegahan Terhadap Masalah Alergi Kulit:

– Menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat.

– Memperbanyak asupan vitamin C dan D.

– Cobalah memilih produk berbahan alami.

– Menjaga kebersihan lingkungan.

– Memilih kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit.

– Menghindari kontak langsung dengan alergen.

Demikian penjelasan mengenai macam-macam alergi kulit pada orang dewasa dan cara pencegahannya. Alergi kulit ini memang dapat terjadi kepada siapa saja, termasuk anda sehingga sangatlah penting bagi anda untuk bisa lebih berhati-hati dan bisa mencegah sejak dini masalah alergi kulit sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih parah lagi.

Info kesehatan lainnya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *