Sereh
Sereh

Manfaat serehuntuk obat herbal,tapi hati-hati bagi yang alergi

Posted on

Sereh atau dengan nama lain Cymbopogon citratus ini sudah sangat terkenal di nusantara kita, banyak dari kalangan tertentu memanfaatkan sereh untukdi jadikan sebagai obat herbal, selain dari pada itu sereh dari kebanyakan orang juga hanya mengetahui sebagai pelengkap aroma sebuah masakan saja. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa daun sereh pun memiliki banyak manfaat lain selain untuk makanan ternyata bermanfaat untuk masalah kesehatan, sebelum kita mengenal jauh tentang sereh kita juga perlu tausedikit tentang asal sereh itu sendiri sereh merupakan tanaman yang berasal dari bagian Selatan India dan Sri Lanka, dengan seiringnya zaman sereh sudah banyak kita temui di indonesia dan banyak di budidayakan. Sereh memiliki kandungan yang kurang lebih sama untuk bagian akar / umbi, daun serta batang. Yang lebih banyak digunakan adalah bagian batang, yang memang memiliki lebih banyak kandungan minyak sehingga memiliki aroma dan rasa lebih khas.

Di dalam beberapa riset di ketahui bahwa sereh berkhasiat untuk berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel tubuh yang normal dan sehat. Setiap 100 gr sereh memiliki kandungan zat antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Di negara israel melakukan riset tim University Gurion menemukan dalam sereh terdapat senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehatnya. Riset lain membuktikan sereh dapat membantu menghambat perkembangan sel kanker hati fase awal dan mencegah pembentukan selanjutnya. Efek lain, sereh dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Sereh juga mempunyai efek diuretik yang dapat menambah jumlah frekuensi buang air kecil sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Sereh juga berguna untuk detoksifikasi lewat penambahan jumlah buang air kecil. Faktor seperti itu tentu benar-benar berguna untuk semua organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat lantaran bermacam toksin terbuang.

Sereh berkhasiat juga sebagai tonik kulit dan juga sebagai pembersih yang efisien untuk kulit berminyak alias jerawat karena sifat astringen dan antiseptik. Karena, sereh memperkuat jaringan kulit,mengencangkan pori-pori dan mensterilkan, menurut pakar farmasi RS dr Kariadi Semarang. Pemakaian daun sereh juga dapat menjaga kecantikan, memperindah kulit. Efek dari pemakaian kosmetik yang mempunyai kandungan daun sereh juga dapat menghilangkan jerawat dan bermanfaat sebagai penyegar.

Meskipun aman menurut Alkhamudi, dalam pemakaian teh herbal sereh dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika ada gejala alergi, Alkhamudi menyarankan segera menghentikan pemakaian dan meminta pertolongan medis terdekat. Berikut ini kandungan yang terdapat dari sereh menurut Alkhamudi sereh merupakan sumber nutrisi aromatik yang penting dan berkhasiat untuk kesehatan. Sereh merupakan sumber vitamin mutlak seperti vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6, folat, dan vitamin C. Serai juga sumber mineral utama, seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, dan logam yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. Berikut ini beberapa resep dan manfaat lain dari sereh untuk obat herbal yang membantu mengatasi penyakit dan pencegahan diantaranya adalah :

Sereh
           Sereh
  • Sereh sebagai obat herbal diabetes: Daun sereh pun memiliki sifat detoksikasi yang langsung menuju pankreas hingga mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes, maka dari itu bagi penderita diabetes di sarankan untuk mencoba sereh sebagai obat alternatifnya.
  • Sereh sebagai obat herbal membantu menurunkan kolesterol: Daun Sereh memiliki zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis, keduanya membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, serta oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mencegah salah satu proses awal dalam pembentukan plak aterosklerotik.
  • Sereh untuk obat batuk herbal : Silahkan pakai sebatang daun sereh, 1 jempol jahe bakar, 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga dalam empat gelas air. rebus dengan dicampur sedikit garam dan gula merah. Minum ramuan itu pagi dan sore hari hingga batuk hilang.
  • Sereh untuk detoksifikasi tubuh: Silahkan rebus 70 gr serai ke dalam air 100 cc, lalu minum air rebusan itu pada pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman lain. tunggu 1 jam sebelum menyantap makanan lain.
  • Sereh untuk obat herbal asam urat : Silahkan rebus 10 lembar daun salam, rebus dengan 700 cc air dan dua batang sereh hingga tersisa 200 cc. Lalu, minum airnya pada saat hangat dengan teratur 1 hari 1 gelas atau 2 gelas.
  • Sereh untuk kelancaran saat haid : Silahkan memarkan 2 batang serai, rebus dengan dua gelas air. Setelah air berkurang dan harum, campurkan gula merah sebutuhnya dan dinginkan. Minum hangat-hangat tiga perempat gelas, 2 x 1 hari.
  • Sereh untuk obat herbal menghindari kanker : Silahkan anda rebus 100 gr sereh dengan 2 gelas air. Panaskan hingga 15 menit dan minum saat pagi dan sore hari 1/2 gelas setiap saat minum.
  • Sereh untuk obat herbal anemia : Zat besi yang terkandung dalam daun serai penting untuk ksintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh). Serai dapat membantu untuk berbagai jenis anemia, terutama yang disebabkan dari kekurangan zat besi.

Demikian beberapa manfaat dan resep penggunaan dari sereh semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga lainnya, jika bermanfaat silahkan berbagi karena berbagi itu indah, selamat mencoba dan semoga cepat Sehat salam #Go herbal

Sumber : berbagai sumber dan rahasia alami turun temurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *