daun poko
daun poko

Obat herbal lipoma / benjolan di kulit dengan daun poko

Posted on

Penyakit Lipoma/benjolan atau lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Penyakit lipoma tidak membahayakan, namun jika lipomanya berbentuk besar dan menggangu dan juga timbul rasa sakit biasanya baru mulai di lakukan pengngkatan denga operasi. Penyakit lipoma ini paling sering di dominasi oleh orang yang sudah paruh baya, tapi tidak menutup kemungkinan di usia 40 -60 an. Ciri penyakit ini biasanya berbentuk benjolan mudah bergerak, serta terasa lembek. Lipoma terletak di bawah kulit dan biasa muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu.

daun poko
        Daun poko

Untuk membantu mengatasi penyakit lipoma ini dapat kita lakukan dengan memanfaatkan daun poko atau bijanggut atau mentha arvensis menurut bahasa asingnya. Apa sih daun poko itu..? Mari kita check bersama tentang daun poko.

Tanaman Poko atau mentha arvensis merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis familia Labiatae, untuk pertumbuhannya di india dan asia tenggara termasuk Indonesia, selain dari itu banyak pula terdapat di Amerika dan Eropa.

Ciri – ciri dari daun poko itu sendiri adalah :

  • Mempunyai bau aromatik dan rasanya agak pedas seperti bau mint.
  • Helai-helai daunnya ini berbentuk bulat seperti telur.
  • daun dari ujung daunnya berbentuk meruncing, dan bagian tepi daun bergerigi
  • Daun berwarna hijau agak kecokelat-cokelatan.

Tanaman poko ini banyak di jumpai di daerah yang berketinggian sekitar 150-1200 m dpl di atas permukaan laut, terutama daerah berair dan banyak hujan, di pulau jawa daun poko ini banyak juga di jumpai. Berikut ini berdasarkan pengalaman teman sekantor yang mencari tanaman ini untuk istrinya. Tanaman poko atau Bijanggut, Bujanggut , Janggot. ini di gunakan untuk membantu mengatasi masalah Lipoma istrinya dengan cara : menumbuk tanaman Poko/bijanggut dengan halus, kemudian menempelkannya pada bagian yang benjol pada bagian luar kulitnya secara rutin setiap hari, alhasil lipomanya berangsur-angsur mengecil.

Setelah saya bertanya kepada teman saya, bahwasannya resep daun poko tersebut dia dapat dari turun temurun keluarganya bahkan dari zaman moyangnya. Tanaman poko yang di jadikan sebagai obat alternatif ini merupakan obat yang cukup mujarab untuk mengatasi lipoma. Selamat mencoba. Tapi untuk tanaman lipoma itu sendiri banyak sekali manfaatnya bukan hanya sebagai obat herbal Lipoma. Diantaranya adalah : Berkhasiat untuk mengeluarkan gas dari saluran pencernaan (karminatif), mengurangi ketegangan otot (antipasmodik), memperlancar pengeluaran keringat (diaforetik), obat batuk, obat sakit perut dan obat sakit kepala.Kandungan dari daun poko itu sendiri mengandung minyak atsiri sekitar 1,25% yang berbau aromatik dan pedas, damar, zat penyamak dan gom. Perlu di ketahui juga manfaat dari tanaman poko adalah sebagai bakterisida dan juga di manfaatkan untuk produk antiseptic,  obat  sakit kepala, rematik, kolera, disentri, diare, obat kanker, parfume, pasta gigi, rokok, dan kosmetik.

Demikian informasi dari tanaman poko semoga bermanfaat untuk referensi anda dalam menangani masalah lipoma, Silahkan berbagi jika bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang tanaman obat :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *