Penggunaan obat tradisional yang perlu di ketahui

Posted on

Penggunaan obat tradisional yang perlu di ketahui | Penggunaan obat tradisional merupakan penggunaan obat yang di lakukan secara alamiah, dan bahan yang di gunakannya pun biasanya menggunakan tanaman, hewan, bahkan mineral alam. Pengobatan cara tradisional ini sudah banyak mulai di kembangkan bahkan sudah sering di lakukan penelitian, penggalian dan juga pengujian. Bahkan pengembangan penggunaan Obat Tradisional ini di iringi dengan perkembangan tekhnologi modern agar saat pengolahannyapun bisa lebih efisien, jika di produksi secara masal. Penggunaan obat tradisional ini pun tidak melupakan para leluhur yang mewarisisnya, bahkan pengobatan tradisional sangat menghormati dengan perkembangannya sekarang ini.

Penggunaan obat tradisional yang perlu anda ketahui
Penggunaan obat-obatan tradisional

Penggunaan Obat Tradisional

Anda dapat melakukan proses pengobatan dengan Obat tradisional, namun anda pun juga harus tau dari mana resep ramuan obat yang di dapat, biasanya ramuan obat tradisional di dapat berdasarkan pengalaman dari turun temurun. Berkut ini jenis obat tradisional. Berdasarkan bentuk dan juga pemanfaatannya di Indonesia khususnya di kelompokkan menjadi 3 diantaranya tanaman obat keluarga atau di sebut TOGA,jamu dan fitofarmaka.

1. TOGA 

Adalah obat tradisional yang di proses dengan cara simpel, diracik dari tanaman obat yang ada dikebun atau halaman. Biasanya, TOGA disiapkan berbentuk rebusan atau pipisan tanaman obat yang fresh yang dikonsumsi sebagai obat minum serta obat luar berbentuk bobok, pilis serta parem. Obat tradisional ini umumnya dipakai oleh keluarga yang berkaitan. Pada pemakaiannya, utama untuk di perhatikan kebenaran tanaman yang dipakai dan kebersihan dalam sistem membuatnya.

2. Jamu

Type obat tradisional ini adalah racikan dari sebagian simplisia fresh ataupun kering yang di buat untuk diperjualbelikan. Umumnya dibuat dalam sediaan yang lebih tahan lama supaya bisa disimpan serta dipakai tanpa ada mesti memproses terlebih dulu. Jamu bisa didapati berbentuk serbuk, rajangan, pil, kaplet, kapsul serta cairan obat dalam. Pemakaian jamu tak membutuhkan izin produksi, tetapi pemakaian dengan cara turun temurun serta manfaat yang dinyatakan dengan cara empirik adalah bukti kalau jamu bisa dikonsumsi dengan cara luas.

3. Fitofarmaka 

Type obat tradisional ini bisa dipakai pada service kesehatan resmi. Fitofarmaka sudah alami sistem pengujian hingga sudah dibuktikan keamanan serta khasiatnya dengan cara ilmiah. Untuk jadi fitofarmaka, jamu mesti distandarisasi serta diuji toksisitas, farmakologi uji cobatal serta uji klinis

Apakah penggunaan Obat-obatan Tradisional Aman serta Bermanfaat?

Bukti empiris mengenai pemakaian tanaman obat sebagai obat tradisional oleh nenek moyang kita sepanjang beratus-ratus th. dapat dibuktikan relatif aman. Bila dipakai dengan cara benar, obat tradisional tidak sering sekali menyebabkan resikonya. Banyak hal yang utama untuk di perhatikan yaitu bahan baku, langkah pemrosesan, pengemasan, penyimpanan serta pencampuran dengan bahan kimia.
Hasil pemakaian obat tradisional bisa disebutkan cukup menggenbirakan apabila dilihat dari pemakaian oleh orang-orang serta perubahan produksi obat tradisional. Pengetahuan mengenai manfaat obat tradisional ini semakin banyak berdasar pada pengalaman dengan cara empiris dengan cara turun temurun. Pada umumnya, di ketahui kalau langkah kerja obat tradisional memberi dampak yang lebih lambat dari pada obat kimia.

Resep Obat tradisional

Berikut ini beberapa resep obat tradisional yang bisa anda manfaatkan dalam pengobatan diantaranya :

  • Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)

Tumbuhan/Tanaman ini di Indonesia tumbuh didaerah Kalimantan. Tongkat ali dapat membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu juga mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. Banyak Toko herbal menjual pasak bumi ini biasanya sudah berupa teh, kopi, berbentuk kering dll.

Baca juga : Penambah keperkasaan pria dengan buah pinang

  • Seledri (Apium Graviolens)

Ketela manis atau Blustru ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Namun saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan bahkan sebagian besar orang tidak tau bagaimana bentuk Tanaman Blustru itu. Blustru dapat digunakan sebagai Obat Asma, Caranya cuci telebih dahulu daun blustru muda simpan diatas nasi panas (bisa disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu makanlah sebagai lalaban setiap hari.

  • Mengkudu (Morinda Citrifolia)

Tanaman yang satu ini tidak asing lagi bagi kita, selain enak dipakai sebagai penyedap rasa ternyata seledri juga berfungsi sebagai obat alami karena kaya akan kalsium, fosfor dll.
Contohnya seledri bisa dipakai sebagai Obat Asam Urat. Caranya Cukup rebus beberapa biji seledri untuk segelas air sampai mendidih lalu minum setiap pagi secara rutin.

Baca juga : Hidup sehat dengan buah mengkudu

  • Buah Makasar (Brucea Javanica)

Buah Mengkudu memiliki nama yang berbeda – beda di setiap daerah contohnya di Sunda disebut Cangkudu, di Aceh disebut Keumeude, dan di Jawa diseut kudu. Tanaman ini biasa ditanam di aceh pada setiap rumah warga (walau tidak semua) karena biasa dipakai sebagai bahan rujak ataupun menu buka puasa khas aceh. Tapi taukah anda bahwa Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Caranya sangat mudah cukup jus mengkudu lalu saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.

  • Daun Dewa (Gynura Divaricata)

Tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit dan beracun. Namun apabila dipergunakan dengan baik dan sesui dengan dosis yang rumbuhan ini mampu menjadi mengobati Penyakit Diabetes Melitus karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu Buah Makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks. Caranya bisa dengan menyeduhnya kedalam setengah cangkir  dan minum 2 – 3 kali sehari (Banyak Toko Herbal yang menjual Buah Makasar kering jadi anda tidak perlu susah susah menumbuk atau mengeringkannya sendiri). Dari namanya aja udah kerenkan, Daun Dewa dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Dewa mengandung minyak atsiri, saponin dll. Daun Dewa bida digunakan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun Pencegah datangnya Penyakit Stroke. Mampu juga mengobati luka memar dan Penurun Darah Tinggi

  • Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan lidah buaya seperti Cendol ala Pontianak.

Demikian sedikit informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam pengobatan tradisional. Selamat Mencoba

Sumber : Wikipedia dan buku tanaman obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *