Aneka rempah
Aneka rempah

Rempah obat herbal alami untuk membantu kesehatan

Posted on

Tanaman herbal yang ada di dunia ini banyak sekali ragam dan kegunaannya, maka dari itu sebagai generasi sekarang ini di era tahun 2000 an perlunya mengetahui beberapa tanaman herbal atau obat herbal, yang bisa di jadikan referensi saat di butuhkan terutama saat berusaha dalam hal menyembuhkan penyakit atau menjaga kesehatan, jadi tidak mesti dan harus selalu ke dokter jika cara alamiah pun bisa kita manfaatkan untuk sebuah kesembuhan dan kesehatan. Berikut ini beberapa obat herbal yang bisa kita ambil manfaatnya sebagai obat herbal dia antaranya adalah :

Aneka rempah
         aneka rempah
  • Tanaman herbal akar wangi: Akar wangi adalah tanaman sejenis rumput yang berasal dari india, tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae dan masih dalam keluarga tanaman serai dan juga padi, aroma wangi dari akar ini karena mengandung minyak atsiri, biasanya akar tersebut di keringkan dan di pakai untuk pengharum lemari pakaian atau produk batik dan keris.
  • Tanaman herbal adas : Tanaman ini mempunyai beberapa jenis seperti adas peda dan adas manis, seperti adas pedas komponen dari adas pedas ini biasanya di pakai dari bijinya untuk produk minyak telon, Adas berasal dari daerah Laut Tengah timur Italia arah ketimur sampai Suriah.Tumbuhannya berbentuk herba yang beraroma wangi, berwarna hijau terang. Adas manis tanaman yang satu ini memang mempunyai rasa yang manis dan wangi yang khas, dan biasanya di pakai untuk campuran untuk cemilan yang menggunakan tinggi kadar gula. kegunaan adas manis sering di jadikan untuk pengobatan alamiah penyakit flu dan pilek karena sifat aromatherapinya yang terkandung dari minyak atsiri. kegunaan adas manis seperti di Thailnd seringkali di gunakan untuk campuran minuman teh agar lebih beraroma kuat. Adas manis juga bisa di jadikan sebagai obat sulit tidur menurut Pliny the Elde, dengan mengunyah adas manis dengan campuran alexander dan tambahan madu di pagi hari dapat menyegarkan nafas.
  • Tanaman herbal Asam : Tanaman asam mempunyai beberapa jenis contohnya seperti asam gelugur, buah asam ini sering kali di pakai untuk bahan campuran masakan khusunya di daerah sumatera. Ekstrak daun asam gelugur yang diberikan secara oral dengan dosis 360mg/kg terhadap mencit memberi efek inhibitor terhadap perkembangan Plasmodium berghei penyebab malaria. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan manggis dan asam kandis, berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Contoh berikutnya adalah asam jawa, tanaman ini serinkali juga di jadikan campuran pada pengolahan maasakan sepertisayur asam, asam jawa yang sudah masak biasanya di jadikan campuran untuk masakan yang dari palembang yaitu pempek, nama asam jawa yang sudah masak biasanya di namakan asam kawak.
  • Tanaman herbal bawang putih : Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik secara alami bagi tubuh manusia, bawang putih merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi dalam hal bahan campuran dalam masakan dengan sifat yang harum saat di tumis membuat selera makan meningkat, bawang putih juga dapat di jadikan obat perontok kuti, caranya cukup anda lakukan penumbukan bawang putih dengan di tempelkan pada kutil lalu diamkan kondisinya biar ga bnyak bergerka biasanya agak panas, dan keesokan harinya biasanya kutil akan menghitam dan bisa di rontokan anda pun bisa terbebas dari kutil.
  • Tanaman herbal cengkeh : Cengkeh merupakan tanaman yang sering banyak di gunakan sebagai campuran maskan juga dan juga sebagai campuran minyak oles, Cengkeh di tanam di Indonesia  di Kepulauan Banda dan Madagaskar; selain itu juga di budidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. Tumbuhan ini adalah sebagai flora identitas daerah Provinsi Maluku Utara. Cengkeh mempunyai ciri  tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae, cengkeh ini juga yang paling sering di jadikan sebagai campuran rokok kretek, Cengkeh dapa tdi olah dengan berbagai cara contohnya seprti minyak cengkeh yang berguna untuk obat gatal akibat gigitan serangga atau sebagai obat urut, dan juga minyak cengkeh di jadikan untuk obat penderita sakit gigi, dengan cara menyumpal bagian gigi yang sakit dengan menggunakan kapas dan campuran minyak cengkeh.
  • Tanaman herbal jeruk nipis :  Jeruk nipis ini mempunyai rasa yang asam biasanya di jadikan bahan campuran maskan atau minuman untuk menambah rasa, dan juga jeruk nipis di jadikan sebagai obat batuk dengan cara memenfaatkan perasan jeruk nipis dengan campuran sedikit kecap.
  • Tanaman herbal jahe : Tanaman herbal jahe yang mempunyai nama Zingiberaceae mempunyai berbagai jenis seperti jahe badak, jahe kuning dan jahe merah. Jahe seringkali di jadikan obat herbal untuk membantu masalah batuk dan pilek dan juga untuk menghangatkan tubuh, jahe biasanya di olah dengan berbagai type seperti jahe kering dan jahe segar dan dengan tujuan dan fungsi biasanya sama.
  • Tanaman herbal jinten hitam :  Tanaman jinten ini sering juga di jadikan sebagai bahan campuran maskan, dan jinten itu sendiri mempunyai jenis dan fungsinya seperti jinten hitam atau habbatussauda. Habbatussauda banyak dikenal dengan nama-nama yang berbeda, diantaranya black seed, black caraway, black seed, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda berfungsi membantu mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan. khasiat dari jinten hitam atau habbatussauda sendiri adalah  membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan Virus, Kuman dan Bakteri dan jga mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV. Selain dari pada itu manfaat habbatusauda membantu meningkatkan fungsi otak.
  • Tanaman herbal kapulaga : sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. kapulaga juga mempunyai jenis kapulaga Jawa dan kapulaga sabrang atau kapulaga India. Kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk mencegah keropos tulang. Selain dari bijinya, yang di gunakan untuk obat herbal adalah bagian akar, buah, dan juga bagian batangnya.
  • Tanaman herbal kemangi : Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Aroma daunnya yang sangat khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Ada beberapa pernyataan efek dari daun kemangi seperti sebagai bagian dari keluarga selasih, kemangi dapat mengandung estragol, senyawa yang diketahui karsinogen (pemicu kanker) pada mencit. Walaupun pengujian efek pada manusia belum dilakukan, penggunaan berlebihan baiknya di hindari.
  • Tanaman herbal kemukus : Tanaman kemukus ini berasal dan banyak ditanam di daerah Jawa dan Sumatera, sampai mempunyai julukan yang disebut sebagai lada jawa atau cabe jawa Java pepper, meskipun cabe jawa adalah nama bagi rempah lain P. retrofractum dan P. longum yang masih serupa.

Demikian beberapa tanaman herbal yang bisa anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan dan pengobatan secara alamiah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *